Jumat, 10 Maret 2017

Rasulullaah Sebagai Seorang Guru Nabi Muhammad

Rasulullaah Sebagai Seorang Guru
Nabi Muhammad selain sebagai Rasulullah, beliau juga menyatakan bahwa dirinya adalah sebagai guru bagi umatnya. Pernyataan itu mengisyaratkan bahwa umat harus menerima pelajaran-pelajaran yang di berikannya dalam berbagai hal. Sehubungan dengan ini, terdapat hadis yaitu:
عَنْ عَبْدِ الله بْنِ عَمْرو اَنَّ رَسُولُ اللِه صلى الله عليه وسلم مَرَّ بِمَجْلِسَيْنِ فِى مَسْجِدِهِ فَقَالَ كِلَا هُمَا عَلَى خَيْرٍ وَاَحَدُ هُمَا اَفْضَلُ مِنْ صَا حِبِهِ اَمَّا هَؤُلَاءِ فَيَدْ عُونَ اللهَ وَيُرَ غَّبُونَ اِلَيْهِ فَاِءنْ شَاءَ اَعْطَاهُمْ وَاِنْ شَاءَ مَنَعَهُمْ وَاَمَّ هَؤُلَاءِ فَيَتَعَلَّمُوْنَ الْفِقْهَ وَالْعِلْمَ وَيُعَلَّمُوْنَ الجْاَ هِلَ فَهُمْ اَفْضَلُ وَاِنَّمَا بُعِثْتُ مُعَلَّمًا قَالَ ثُمَّ جَلَسَ فِيْهِمْ
Artinya: Bahwasanya Abdullah bin Amru bin Al-Ash r.a berkata: “Pada suatu hari Rasulullah keluar dari salah satu kamar beliau untuk menuju masjid. Di dalam masjid, beliau mendapati dua kelompok sahabat. Kelompok pertama adalah orang yang sedang membaca al-Qur’an dan berdoa kepada Allah. Sementara itu, kelompok kedua adalah golongan orang yang sedang membaca sibuk mempelajari dan mengajarkan ilmu pengetahuan. Nabi saw kemudian bersabda, “masing-masing kelompok sama-sama berada pada kebaikan. Terhadap yang sedang membaca al-Qur’an dan berdoa kepada Allah, maka Allah akan mengabulkan doa mereka jika Dia menghendaki, begitupun sebaliknya, doa mereka tidak akan di terima oleh Allah jika dia tidak berkenan mengabulkan doa tersebut. Adapun terhadap golongan yang belajar mengajar, mereka sedang mempelajari ilmu dan mengajar orang yang belum tau. Mereka lebih utama. Maka (ketahuilah) sesungguhnya aku ini di utus untuk menjadi seorang pengajar (guru)”. Kemudian beliau ikut bergabung bersama mereka. (HR. Ad-Darimi).
Hadis tersebut menginformasikan bahwasanya Nabi saw menemukan dua kelompok sahabat dalam masjid. Pertama kelompok yang membaca al-Qur’an dan berdoa. Kedua, kelompok yang membahas ilmu pengetahuan. Beliau menghargai kedua kelompok tersebut. Akan tetapi, beliau lebih menyukai kelompok yang membahas ilmu dan bergabung dengan mereka sambil mempertegas peranannya sebagai seorang guru.

0 komentar:

Posting Komentar