Jumat, 10 Maret 2017

TUGAS ILMU PENDIDIKAN ISLAM PAI III C GONDANG

KELOMPOK 1

SOAL !
Apakah yang di maksud pendidikan islam ?
Apa saja landasan pendidikan islam ?
Apakah perbedaan pengajaran dengan pendidikan ?
Tujuan pendidikan ada 4 macam, sebutkan ?
Mengapa keluarga disebut sebagai lingkungan pendidikan?
JAWABAN :

1. Pendidikan pembentukan kepribadian muslim dengan ciri perubahan sikap dan tingkah laku sesuai dengan petunjuk ajaran islam.

2. Al- qur’an ; as- sunnah ; ijtihad

3. Pengajaran adalah proses membuat jadi terpelajar (tahu, mengerti, menguasai, ahli, belum tentu menghayati atau meyakini).
     Pendidikan adalah proses membuat orang menjadi terdidik (mempribadi dan menjadi adat kebiasaan).
4. –tujuan umum; -tujuan akhir; -tujuan sementara; -tujuan operasional.
5. karena keluarga merupakan masyarakat alamiah yang pergaulan diantara anggotanya bersifat khas, serta dalam lingkungan ini terletak dasar-dasar pendidikan.

KELOMPOK 2
SOAL !
1. sebutkan macam – macam bimbingan dan jelaskan ?
2. siapa saja yang berperan dalam tanggung jawab pendidikan ?
3. sebutkan syarat – syarat menjadi guru ?
4. sebutkan akhlak – akhlak menjadi guru ! min 3
5. jelaskan factor warisan dan lingkungan sebagai perwatakan dan cirri perumbuhan seseorang !
JAWABAN:
1. ada 2 yaitu aktif dan pasif. Pasif ialah si pendidik tidak mendahului masa peka, akan tetapi menunggu dengan sabar dan seksama.  Aktif di bagi menjadi 3 : A. pengembangan daya yang sedang mengalami masa peka. B. pemberian pengetahuan dan kecakapan yang penting untuk masa depanya. C. membangkit motif – motif  yang mengerakan anak yang sesuai dengan tujuannya.
2. orang tua, guru dan masyarakat.
3. takwa kepada allah, Berilmu, sehat jasmani, berkelakuan baik.
4. mencintai jabatanya sebagai guru., bersikap adil terhadap semua muridnya., dan berlaku sabar dan tenang., harus berwibawa., sifat manusiawi.,dan  gembira., bekerja sama dengan guru – guru lain., dan masyarakat.
5.  a. factor warisan : ciri dan sifat yang diwarisi dari bapak, kakek, dengan kadar yang berlainan.
     b. factor lingkungan : ruang yang luas untuk berinteraksi dengan manusia, yang dapat berwujud benda-benda dan yang bukan berbentuk benda.
KELOMPOK 3
SOAL !
1. bagaimana hikmah mengutamakan perkawinan dengan bukan kerabat dekat ?
2. jelaskan teori konvergensi ?
3. jelaskan aliran optimism dalam pendidikan dan aliran pesimisme !
4. bagaimana cara merubah kelakuan, kebiasaan, keahlian, kemahiran dan pikiran manusia menurut islam ?
5. Sebutkan tanggung jawab pendidikan islam yang dibebankan pada orangtua !
JAWABAN :
1. hikmahnya adalah mengelakan kemungkinan mendapat keturunan yang lemah.
2. teori tentang pembawaan sifat dan lingkungan yang menjelaskan keduanya sama – sama berpengaruh.
3. aliran optimisme : manusia dapat di bentuk melalui pemilihan lingkungan yang tepat , perbaikan keadaan, kehidupan sosial dan pengaruh – pengaruh yang bersifat mendidik.
   Aliran pesimisme : perkembangan manusia seluruhnya di tentukan oleh hukum – hukum kewarisan / pembawaan yang di bawa sejak lahir.
4. menurut islam yaitu dengan proses pengajaran yang di lalui sejak lahir / bayi sampai akhir hayatnya.
5.  1). Memelihara dan membesarkan anak
2). Melindungi dan menjamin kesehatan jasmani dan rohani anak
3). Member contoh serta mengajarkan pendidikan baik kepada anak
4). Membahagiakan anak

KELOMPOK 4
SOAL !
1.  apakah yang di maksud dengan lingkungan ?
2.  sebutkan lingkungan pendidikan di luar sekolah ?
3.  jelaskan perbedaan antara rumah dengan sekolah !
4.  sebutkan alat pendidikan yang dapat di gunakan untuk pendidikan agama di sekolah sebutkan minimal  2 ?
5.  Apa yang dimaksud dengan Ijtihad?
JAWABAN !
1. segala sesuatu yang tampak dan terdapat dalam alam kehidupan yang senantiasa berkembang.
2. a. keluarga , b. asrama, c. perkumpulan remaja, d. lingkungan kerja.
3. suasana, tanggung jawab, kebebasan pergaulan.
4. 1.media tulis atau cetak seperti al – qur’an, hadist, tauhid, fiqih, sejarah dll.
     2.benda – benda alam seperti manusia, hewan, tumbuhan, zat padat, zat cair, zat gas dll
     3.gambar – gambar atau lukisan. Diagram peta dan grafik.
     4.gambar yang dapat di proyeksi.
    5.audio recording (alat untuk di dengar)
5. Ijtihad adalah berfikir dengan menggunakan seluruh ilmu yang dimiliki oleh ilmuwan syariat islam dalam hal-hal yang belum ditegaskan hukumnya dalam Al-Qur’an dan Sunnah.



SOAL TAMBAHAN
1. tulislah 1 ayat al – qur’an / al – hadist yang sejalan dengan ilmu pendidikan dan terjemahkan kedalam bahasa Indonesia yang baik…
2. tulislah uu. ri no. 20 thn 2003 tentang sistem pendidikan nas pada bab 1 pasal  ayat 1 dan 2.. ?
3. ilmu pendidikan islam /ejakan dengan uu th 1945 pd bab 13 pasal 31 ayat 3 dan 4 tuliskan ?
JAWABAN
طلب العلم فر يضة على كل مسلم 1
Artinya: mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim.

2. Pasal 1Dalam undang-undang ini yang dimaksud dengan:1.Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untukmewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.2.Pendidikan nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesiadan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman.

3.pasal 31 Ayat 3:  Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta ahlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang.Ayat 4:  Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20% dari anggaran pendapatan dan belanja negara serta dari anggaran pendapatan danbelanja daerah untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional.

0 komentar:

Posting Komentar